Rabu, 02 Oktober 2013

21 September 2013 = Pilih Dunia atau Akhirat ?

Visit waysofmuslim.blogspot.com

21 September 2013 = Pilih Dunia atau Akhirat ?

Lilik Wijayati

antaranews.com

Mungkin tulisan ringan yang kutulis ini adalah pengalaman seseorang yang dekat denganku. Namun di manapun dia berada, semoga Allah melimpahkan kasih sayangNya padanya. Karena melalui dia aku menemukan dunia baru yang belum kujumpai sebelumnya, baik dari kehidupan nyata maupun dalam buku. Dunia baru tersebut kutemui ketika aku menggunakan "telingaku".

21 September 2013...

Dia mendapat panggilan tes tertulis di sebuah perusahaan yang cukup terkenal. Kebetulan dia termasuk di gelombang tes yang kedua, yang pertama dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Jam 2 tepat masuklah dia ke ruangan tes bersama peserta lain yang jumlahnya ratusan. Waktu itu seorang petugas yang mendapat giliran menjaga selama tes berlangsung mengatakan beberapa aturan yang harus ditaati oleh semua peserta. "TIDAK BOLEH KELUAR RUANGAN, BAGI YANG MELAKUKAN DIANGGAP MENGUNDURKAN DIRI".

Seorang peserta bertanya, "Bagaimana kalau ijin sholat Ashar, karena secara logika pasti tes akan selesai lebih dari jam enam petang".

Dengan enteng petugas penjaga tersebut menjawab, "Tak kecuali dengan sholat, jika kalian mau sholat, silakan sholat di sudut ruangan."

"Bagaimana dengan wudhunya?" tanya seorang peserta lagi.

"Kan bisa dengan tayamum," jawab petugas enteng.

"Ya, nggak bisa bu, tayamum diperbolehkan bila kita tidak menjumpai air."

"Itu urusan kalian, jika kalian ingin keluar, kalian tahu konsekuensinya."

Alhasil tes tsb terus berlanjut.

Saat ada adzan Ashar berkumandang, si petugas ini gak ada tanda-tanda mengijinkan peserta untuk keluar. Di antara keheningan tes yang berlangsung, sesosok pemuda bangkit berdiri, dia mengambil tasnya dan berjalan keluar ruangan."

Ruanganpun heboh, "Dia telah memutuskan keluar, artinya peserta tersebut mengundurkan diri."

Satu per satu pesertapun meninggalkan bangkunya mengikuti si pemuda, karena menunggu gak ada kepastian untuk istirahat guna melaksanakan sholat. Sebagian lagi pada bimbang, sambil berbisik mereka saling bertanya, "Kamu milih mana dunia atau akhirat".

Dan akhirnya sepertiga orang mengundurkan diri karena lebih memilih untuk sholat dibandingkan meneruskan ujiannya. Sebagian peserta yang di ruangan ada yang senang, mereka dengan sumringah berkata, "Akhirnya sainganku berkurang".

Namun kesempatan tak akan lari kemana, tak lama setelah itu sepertiga anak yang meninggalkan ruangan tersebut kembali lagi, karena ada salah seorang petugas yang membawa mereka kembali ke ruangan tes.

Dan dari cerita ini ada banyak makna yang tersimpan   ...   Kita bisa menilai seperti apa watak peserta ujian tersebut dari keputusan yang mereka ambil.

 

http://penulis165.esq-news.com/2013/artikel/10/01/21-september-2013-pilih-dunia-atau-akhirat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar