Rabu, 30 Januari 2013

FW: KEUTAMAAN AL-QUR'AN DALAM KESAKSIAN HADITS ( QS. AL-ISRAA')

Please visit BDI Website http://vico-bdi.vico.co.id/

Pengurus BDI berupaya menghindari peredaran email-email yang dianggap dapat menimbulkan polemik antara anggota BDI

 

 

 

From: Afzalurrahman Assalam
Sent: Wednesday, January 30, 2013 1:33 PM
To: BDI
Subject: KEUTAMAAN AL-QUR'AN DALAM KESAKSIAN HADITS ( QS. AL-ISRAA')

 

Surah Al-Isra merupakan surah ke 17 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam kelompok surat makkiyyah. Dinamakan dengan al-Israa’ yang berarti memperjalankan di malam hari, karena peristiwa Isra Nabi  Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha disebutkan di awal surat ini.

Surah ini dinamakan juga Surah Bani Israil (keturunan Israil), karena pada bagian permulaan, yakni pada ayat kedua sampai ayat ke delapan, dan bagian  akhir surah, yakni ayat 101 sampai dengan ayat 104 disebutkan kisah tentang Bani Israil.

 

Keutamaan Surah Al-Israa

1.      Surah yang dibaca Nabi setiap menjelang tidur

‘Aisyah RA menceritakan bahwasanya Rasulullah SAW seringkali berpuasa, sampai-sampai kami menyangka beliatu tidak mau berbuka (akan terus berpuasa), dan kadang-kadang beliau berbuka hingga kami menyangka beliau tidak ingin berpuasa. Dan setiap malam beliau membaca surah Bani Israil (al-Israa) dan Az-Zumar (arti Hadits  hasan, Riwayat Ahmad).

 

Aisyah RA berkata, Rasulullah SAW tidak akan tidur di atas ranjang beliau sebelum membaca surah Bani Israil dan Az-Zumar (arti hadits hasan riwayat Tirmidzi)

 

2.      Di dalamnya terdapat ayat yang lebih Utama daripada seribu ayat

IRbad bin Saariyah RA meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW membaca surah-surah yang diawali dengan  tasbih sebelum tidur dan bersabda, “sesungguhnya di dalamnya terdapat ayat yang lebih Utama dari pada seribu ayat” (arti hadits hasan riwayat Abu Dawud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar